Pencarian yang Sia-Sia

Para ahli antariksa Amerika dan sejumlah negara maju sudah sejak puluhan tahun silam sibuk mencari adanya kehidupan di planet lain.

Misalnya belum lama ini ilmuwan NASA menemukan “fakta” bahwa di salah satu satelit/bulannya planet Saturnus yang bernama Rhea terdapat lapisan es, sehingga mereka berkesimpulan di sana terdapat oksigen.

Dari temuan sebelumnya di Jupiter, oksigen muncul dari
es. “Dari es, pecah jadi hidrogen dan oksigen,” kata Ben Teolis, Kepala Penelii Southwest Research Institute kepada Space.com.

“Fakta” tersebut membuat mereka kegirangan. “Fakta semakin banyaknya temuan tempat beroksigen sangat menggembirakan,” ujarnya.

Tak hanya Teolis yang kegirangan. Banyak pihak juga ikut bersuka cita. Satu di antaranya adalah redaksi Tempo Interaktif. Mereka menulis, “Semakin banyaknya penemuan Oksigen sebagai sumber kehidupan di bumi ini, apakah kelak manusia akan bermigrasi ke Ruang angkasa?”

Menurut saya, itu adalah kegembiraan yang terburu-buru karena secara keseluruhan kondisinya sangat jauh dengan bumi. Di Rhea misalnya, meskipun diperkirakan ada oksiden, tapi kadarnya sangat tidak ideal untuk ditinggali manusia bumi. Menurut penelitian, kadar oksigennya terlalu rendah, lima triliun kali lebih rendah ketimbang di bumi.

Saya yakin, sampai kiamat sekalipun manusia tidak akan berhasil menemukan tempat untuk hidup selain di bumi. Karena memang Allah hanya menyediakan bumi sebagai tempat mereka selama di alam fana ini.

Jangankan tinggal di planet lain, tinggal di bumi saja, tapi di benua Antartika sana, manusia enggan.

Alhasil, proyek pencarian kehidupan di luar planet bumi adalah proyek yang sia-sia saja. Lebih baik dana risetnya itu dialihkan untuk meratakan kesejahteraan kehidupan manusia di bumi ini saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s