Nama Asli Abu Thalib dan Abdul Muthalib

Kalau ada yang bertanya, “Siapakah nama paman Nabi yang memelihara beliau sampai dewasa?”, pasti kita mudah menjawabnya: “Abu Thalib.”

Namun tak banyak yang tau bahwa sebenarnya Abu Thalib adalah gelar baginya, yang berarti ayah Thalib, karena dia memiliki putra sulung bernama Thalib. Nama aslinya adalah Imran bin Abdul Muthalib. Namun sejumlah situs kalangan Syiah menyebut nama aslinya Abdul Manaf.

Berikut ini nama anak-anak Abu Thalib:

  1. Thalib bin Abu Thalib
  2. Ja’far bin Abu Thalib
  3. ‘Ali bin Abu Thalib
  4. ‘Aqil bin Abu Thalib
  5. Fakhtihah binti Abu Thalib
  6. Jumanah binti Abu Thalib (Ummi Hani)

Kemudian kalau ada yang bertanya, “Siapa nama kakek Nabi?”, orang juga akan tangkas menjawab, “Abdul Muthalib”. Tapi tak banyak yang tau bahwa sesungguhnya “Abdul Muthalib” merupakan nama gelar yang berarti budak/hamba Muthalib. Nama sebenarnya adalah Syaibah bin Hâsyim. Dia memiliki paman yg bernama Muthalib. Konon suatu hari Muthalib naik unta sambil menggonceng Syaibah. Orang mengira Syaibah adalah budak yang baru dibeli Muthalib, sehingga memanggilnya Abdul Muthalib (budak/hamba Muthalib). Meski orang kemudian tau bahwa dia bukan budak Muthalib, namun mungkin karena sudah terlanjur terbiasa memanggilnya dengan Abdul Muthalib, maka jadilah nama itu yang melekat pada Syaibah kecil hingga dia besar.

Ada juga info yang mengatakan, nama kecil ‘Ali bin Abu Thalib adalah Haydar (artinya singa). Namun karena Nabi Muhammad lebih suka memanggilnya ‘Ali (yang bermakna luhur), maka nama itu yang kemudian lebih populer.

Nama asli Abu Bakar

 

 

Satu pemikiran pada “Nama Asli Abu Thalib dan Abdul Muthalib

  1. Ping balik: Nama Asli Abu Bakar | Saiful Hamiwanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s