Al-Kayyis (Cerdas Ruhani)

sedekah

Bagi kebanyakan orang, mendapatkan harta yang banyak adalah hal yang tidak mudah. Tapi bagi orang-orang yang dimudahkan rizkinya oleh Allah, mendapatkan penghasilan besar adalah hal yang mudah.

Sayangnya seringkali mereka mengira, mudahnya mereka mendapatkan itu karena semata-mata kehebatan dirinya. Padahal kemudahan yang mereka peroleh semata-mata karena memang Allah memudahkannya.

Ada orang yang Allah mudahkan dengan memberinya otak yang pandai dan tubuh yang sempurna, sehingga dia mudah bersekolah yang tinggi, dan mudah mendapatkan penghasilan yang besar.

Kalau Allah berkehendak, Dia bisa ambil sedikit saja kenikmatan yang telah Dia berikan kepada orang itu, maka kehidupan orang itu bisa tiba-tiba berubah menjadi sulit. Sangat mudah bagi Allah untuk menjadikan orang yang melek tiba-tiba menjadi buta. Betapa banyak contoh orang yang kemarin sehat, lalu hari ini terkapar karena terkena stroke.

Bagi kebanyakan orang, kenikmatan yang dicabut tiba-tiba seperti itu adalah “kiamat” sebelum datangnya kiamat yang sesungguhnya. Dia bisa merasa menjadi orang termalang di dunia, lalu enggan melanjutkan sisa hidupnya.

Kecuali bagi al-kayyis, orang-orang mukmin yang cerdas ruhani.
Bagi al-kayyis, tak ada yang sia-sia di dunia ini. Kenikmatan dan kesusahan hidup di dunia, keduanya berpotensi jadi investasi untuk akhirat.

Olehnya, kenikmatan hidup di dunia diinvestasikan dalam bentuk syukur; sedangkan kesulitannya diinvestasikan dalam bentuk kesabaran.

Mungkin ada orang yang bilang, “Menjalankan kesabaran tidak semudah mengatakannya.”

Memang benar. Surga itu mahal, maka wajar kalau sulit untuk mendapatkannya. Beli rumah mewah saja perlu perjuangan, apalagi untuk beli surga.

Tapi seperti dikatakan di awal, semua hal yang dianggap sulit akan menjadi mudah saja kalau Allah mudahkan. Maka mintalah kepada Dia agar memudahkan kita jalan menuju surga.

Allahumma yassir walaa tu’assir. Rabbi tammim bil khair, bi rahmatika ya Arhamar-rahimin

Ya Allah permudahkanlah urusanku jangan dipersulitkan. Ya Tuhanku, sempurnakan urusanku dengan baik, dengan kasih-sayang-Mu wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s