Seandainya Ada Manusia yang tak Pernah Berbuat Dosa, maka Allah akan Lenyapkan Mereka

 

taubatSelagi kita masih merasa menjadi manusia, wajarlah jika sesekali tergelincir pada perbuatan dosa. Itu sudah menjadi kodratnya manusia, sejak Kakek Adam masih tinggal di surga. Bahkan Allah sudah merancang demikian sejak jaman azali (jaman sebelum alam semesta Dia ciptakan).

Demikian penjelasan Rasulullah–semoga rahmat Allah dan kesejahteraan senantiasa dilimpahkan kepadanya:

“Demi (Allah) Dzat yang jiwaku berada di dalam genggaman-Nya, seandainya kalian tidak berbuat dosa niscaya Allah melenyapkan kalian dan Allah pasti mendatangkan (menciptakan yang baru) suatu kaum yang berbuat dosa kemudian mereka memohon ampun kepada Allah, lalu Allah mengampuni dosa mereka. (Riwayat Muslim).

Kenapa Allah merekayasa demikian? Kenapa Allah tidak menyukai adanya manusia yang tidak pernah berbuat dosa? Kenapa Allah lebih menyukai manusia yang berdosa lalu memita ampun kepada-Nya?

Karena Dia Al-Ghaffar (Maha Pengampun), at-Tawwab (Maha Penerima Taubat), ar-Rahim (Maha Penyayang).

Dia menyukai apabila ada hamba-Nya berjalan terhuyung-huyung karena begitu menyesali perbuatan dosanya lalu bersimpuh dan bersujud, seraya menangis, meminta ampunan kepada-Nya. Bahkan Allah sangat gembira bila ada hamba yang berdosa kemudian minta ampun dan bertaubat kepada-Nya. Sabda Nabi, gembiranya Allah menerima taubat hamba-Nya melebihi gembiranya seorang musafir yang kehilangan unta di padang pasir kemudian menemukannya kembali.

“Sesungguhnya Allah gembira menerima taubat hamba-Nya, melebihi kegembiraan seseorang di antara kalian ketika menemukan kembali untanya yang hilang di padang yang luas.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dia suka apabila hamba-Nya menyadari bahwa mereka memiliki Tuhan Yang Maha Pengampun.

2 pemikiran pada “Seandainya Ada Manusia yang tak Pernah Berbuat Dosa, maka Allah akan Lenyapkan Mereka

  1. jika tuhan itu maha kuasa maha pengasih lagi maha penyayang kenapa dia tidak menciptakan 1 agama saja dan apabila itu tidak dilakukan nya kenapa tuhan yg begitu welas asih sanggup menjebloskan makhluk ciptaan nya kedalam neraka ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s