Bunuh Diri: Menghindari Serigala, Diterkam Harimau

Banyak orang yang berputus asa dalam menghadapi ujian hidup di dunia. Ada yang tak sabar menghadapi beban hutang, ada yang tak tahan menderita penyakit, ada yang tak ridha dengan kehilangan harta, atau ada orang frustrasi karena kehilangan orang yang dicintainya.

“Untuk apa lagi aku hidup jika aku tak dapat menikah dengannya,” kata seorang pemuda yang merasa cintanya dikhianati seorang gadis pujaannya. Lantaran itu dia merasakan kehidupan dunia sudah tidak menggairahkannya lagi. Hampa terasa olehnya.

Karena itu dia kemudian memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan melompat terjun dari puncak gedung yang tinggi. Dia mengira, kematiannya akan mengakhiri penderitaannya selama-lamanya.

Padahal yang diakhiri hanya penderitaannya di dunia. Sedangkan penderitaannya di akhirat justru baru saja disongsongnya. Ibarat menghindar dari terkaman serigala, tapi dengan cara berlari menuju terkaman harimau.

Kenapa begitu?

Karena dia telah dinanti siksaan neraka yang akan mengulang-ulang perbuatan bunuh dirinya ketika di dunia, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Barangsiapa yang bunuh diri dengan besi di tangannya, dia (akan) menikam perutnya di dalam neraka jahannam yang kekal (nantinya), (dan) dikekalkan di dalamnya selama-lamanya. Dan barangsiapa yang meminum racun lalu bunuh diri dengannya, maka dia (akan) meminumnya perlahan-lahan di dalam neraka jahannam yang kekal, (dan) dikekalkan di dalamnya selama-lamanya. Dan barangsiapa yang bunuh diri dengan menjatuhkan dirinya dari atas gunung, dia akan jatuh ke dalam neraka jahannam yang kekal (dan) dikekalkan di dalamnya selama-lamanya.”
(Riwayat Bukhari dan Muslim).

Pada hadits lain beliau bersabda:

“Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan sesuatu di dunia, maka dia disiksa dengan (alat tersebut) pada hari kiamat.”
(Riwayat Bukhari dan Muslim).

Na’udzubillah min dzalik (kita berlindung kepada Allah dari hal demikian).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s