Mumpung Engkau tak Perlu Minta Penangguhan

Tak ada salahnya kita mencari rizki yang banyak, karena memang tak ada satu ayat pun yang melarang kita untuk mencari rizki yang banyak.

Kalau Allah mudahkan, maka kita akan mendapatkan rizki yang banyak sesuai keinginan kita, atau bahkan bisa lebih banyak daripada yang kita harapkan dan kita bayangkan.

Kita bisa memanfaatkan harta yang banyak itu untuk kemaslahatan umat dan untuk membela agama Allah, seperti yang telah dicontohkan Rasulullah dan para sahabatnya.

Kita juga bisa memanfaatkan harta itu untuk kesenangan diri sendiri. Mungkin banyak kesenangan yang akan kita peroleh dengan harta yang banyak itu—meski tidak semuanya bisa menghasilkan kebahagiaan. Dan kalaulah semua itu membuat seseorang bahagia, hal itu pun tak akan lama berlangsung. Berapalah umur kita di dunia ini? Umur manusia saat ini kebanyakan berkisar pada 60-70 tahun saja.

Kalaulah seseorang berumur panjang, toh di masa tuanya tak akan optimal menikmati hartanya. Andaikan ada seseorang sampai berumur 80 tahun, apa yang bisa dia nikmati dari mobil Lamborghini sport pada usia serenta itu?

Ketika akhirnya ajal tiba, barulah seseorang tersadar bahwa harta yang banyak tidak ada manfaat baginya. Tidak ada sekeping uang pun yang akan dia bawa ke alam barzakh. Pada saat itu barulah dia merasa perlu untuk menyedekahkan hartanya, bukan sebagian, tapi seluruhnya!

Pada saat itu dia akan meminta penundaan sebentar. Kalau tidak bisa sehari, minimal satu jam atau beberapa menit saja, sekedar agar bisa menghibahkan seluruh hartanya di jalan Allah.

Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)-ku sampai waktu yang dekat/sebentar, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh? ﴾ Al-Munafiqun:10 ﴿

Tapi saat itu sudah terlambat. Tak ada waktu lagi untuk bersedekah. Tak ada penangguhan pabila malaikat maut telah datang. Allah menjawab permintaan penangguhan itu dengan berfirman:

Dan Allah tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan. ﴾ Al Munafiqun:11 ﴿

Kemudian di akhirat nanti dia akan menyesali kelalaiannya di dunia dengan berkata:

Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu. Hartaku sama sekali tidak memberi manfaat kepadaku. Telah hilang kekuasaanku dariku.“﴾ Al-Haaqqah: 27-29)

Mumpung saat ini malaikat Izrail belum datang, ayo kita infakkan harta kita sebanyak-banyaknya di jalan Allah. *

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s